Skip to content

Cara Instal Aplikasi di Mode Aman

Instalasi aplikasi di mode aman adalah proses menginstal aplikasi di sistem operasi komputer atau perangkat mobile dalam mode yang lebih terbatas, dengan tujuan untuk mengisolasi aplikasi atau membatasi aksesnya ke sumber daya sistem. Mode aman umumnya digunakan ketika ada masalah dengan sistem atau aplikasi yang dapat menyebabkan gangguan atau kerusakan pada sistem.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal aplikasi di mode aman:

  1. Masuk ke Mode Aman

    • Pada komputer Windows, Anda dapat masuk ke mode aman dengan cara menekan tombol F8 saat komputer dinyalakan sebelum tampilan logo Windows muncul. Setelah itu, pilih opsi "Safe Mode" atau "Safe Mode with Networking" menggunakan tombol panah dan tekan Enter.
    • Pada perangkat Android, proses masuk ke mode aman bisa bervariasi tergantung pada merek dan model perangkat. Umumnya, Anda dapat masuk ke mode aman dengan menekan tombol power untuk menyalakan perangkat, lalu tekan dan tahan tombol volume down atau tombol kombinasi yang disesuaikan dengan perangkat Anda sampai muncul tampilan "Safe Mode".
  2. Buka Aplikasi Tertentu (Opsional)

    • Jika Anda ingin menginstal aplikasi baru di mode aman, lanjutkan ke langkah berikutnya. Jika Anda sudah mempunyai aplikasi yang ingin diinstal di perangkat, lewati langkah ini.
  3. Unduh dan Instal Aplikasi

    • Pada komputer Windows, buka browser web dalam mode aman dan kunjungi situs web resmi dari aplikasi yang ingin Anda instal. Cari tautan unduhan dan klik untuk memulai proses unduhan. Setelah selesai, buka file unduhan dan ikuti petunjuk untuk menginstal aplikasi.
    • Pada perangkat Android, buka Play Store dalam mode aman dan cari aplikasi yang ingin Anda instal. Klik pada aplikasi yang diinginkan, lalu pilih opsi "Install" atau "Get" untuk memulai proses instalasi.
  4. Selesaikan Proses Instalasi

    • Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses instalasi. Setiap aplikasi dapat memiliki langkah-langkah yang berbeda, jadi pastikan untuk membaca dengan teliti dan mengikuti petunjuk yang diberikan.
    • Apabila diminta untuk memberikan izin atau akses ke perangkat atau data pribadi, pertimbangkan dengan hati-hati apakah aplikasi tersebut perlu akses tersebut dan apakah terpercaya.
  5. Restart Perangkat

    • Setelah aplikasi berhasil diinstal di mode aman, Anda dapat memulai kembali perangkat untuk keluar dari mode aman. Pada komputer Windows, klik "Start" dan pilih opsi "Restart". Pada perangkat Android, tahan tombol power dan pilih opsi "Restart" atau langsung matikan dan nyalakan kembali perangkat.

Setelah Anda kembali ke mode normal, Anda akan dapat menggunakan aplikasi yang telah diinstal. Namun, perlu diingat bahwa mode aman adalah mode terbatas yang dapat membatasi akses ke beberapa fitur dan fungsionalitas sistem operasi, sehingga tidak semua aplikasi atau fitur mungkin berfungsi sepenuhnya dalam mode ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *