Skip to content

Cara Mengizinkan Instal Aplikasi

Bagi pengguna perangkat berbasis Android atau iOS, mengizinkan instalasi aplikasi dari sumber yang tidak dikenal atau tidak dipercaya dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

Daftar Isi Artikel

Android

  1. Pertama-tama, buka menu "Settings" atau "Pengaturan" di perangkat Android Anda.

  2. Gulir ke bawah dan cari opsi "Security" atau "Keamanan". Pada beberapa perangkat, mungkin juga terlihat sebagai "Biometric & Security", "Lock Screen & Security", atau varian serupa.

  3. Setelah menemukannya, ketuk opsi "Security" atau "Keamanan" untuk masuk ke pengaturan keamanan perangkat Anda.

  4. Di dalam pengaturan keamanan, cari opsi yang bernama "Unknown Sources" atau "Sumber Tidak Dikenal". Biasanya, opsi ini berada di bawah bagian "Device Administration" atau "Administrasi Perangkat".

  5. Aktifkan opsi "Unknown Sources" atau "Sumber Tidak Dikenal" dengan menggeser tombol ke posisi "On" atau mengklik kotak centang yang terkait.

  6. Perhatikan bahwa pada beberapa perangkat Android terbaru, langkah di atas mungkin sedikit berbeda karena pengaturan keamanan digabungkan dengan pengaturan privasi. Maka dari itu, pastikan untuk mencari opsi "Unknown Sources" atau "Sumber Tidak Dikenal" di pengaturan keamanan atau privasi perangkat Anda.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, Anda sekarang diizinkan untuk menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, seperti APK yang didapatkan dari situs web pihak ketiga. Namun, perlu diingat bahwa tindakan ini dapat meningkatkan risiko keamanan pada perangkat Anda. Oleh karena itu, selalu pastikan Anda mengunduh aplikasi hanya dari sumber terpercaya dan memverifikasi keaslian aplikasi tersebut sebelum menginstalnya.

iOS

Pada perangkat iOS, Apple menerapkan kebijakan yang lebih ketat dalam hal mengizinkan instalasi aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Namun, jika Anda memiliki perangkat dengan "jailbroken" (perangkat yang dibobol untuk mengakses fitur yang tidak resmi oleh Apple), maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu "Settings" atau "Pengaturan" di perangkat iOS Anda.

  2. Gulir ke bawah dan cari opsi "General" atau "Umum".

  3. Ketuk opsi "General" atau "Umum" untuk membuka pengaturan umum perangkat Anda.

  4. Di dalam pengaturan umum, cari dan ketuk opsi "Profiles" atau "Profil & Perangkat Terpercaya".

  5. Di dalam opsi "Profiles", Anda mungkin akan menemukan daftar profil dan sertifikat yang terkait dengan aplikasi yang diinstal dengan menggunakan metode jailbreak pada perangkat Anda.

Dalam proses ini, perangkat iOS Anda dapat membaca aplikasi yang berasal dari sumber yang tidak dikenal dengan menggunakan profil ini dengan risiko tambahan yang mungkin terlibat. Namun, perlu dicatat bahwa tindakan ini melanggar kebijakan resmi Apple dan dapat menyebabkan perangkat menjadi tidak stabil, rentan terhadap malware, atau bahkan membatalkan garansi perangkat.

Harap dicatat bahwa prosedur untuk mengizinkan instalasi aplikasi dari sumber yang tidak dikenal pada perangkat Android dan iOS dapat berbeda-beda tergantung pada versi perangkat dan versi sistem operasi yang digunakan. Pastikan untuk merujuk kepada panduan pengguna resmi perangkat Anda atau mencari informasi yang sesuai untuk memastikan langkah-langkah yang tepat untuk dilakukan di perangkat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *